Home » Blog » Citizen » Perjuangan Dian Rintis Usaha Batik Hingga Tembus Pasar Prancis

Perjuangan Dian Rintis Usaha Batik Hingga Tembus Pasar Prancis

ratusan-produk-umkm-ri-mejeng-di-prancis_169

Tidak sembarang produk bisa dijajakan di Le BHV Marais, salah satu department store terbesar di Paris, Prancis, bagian dari jaringan Galeries Lafayette. Namun, produk UMKM lokal, Shiroshima, bisa hadir di Le BHV Marais.
Pendiri Shiroshima, Dian Nutri Justisia Shirokadt, menyampaikan perjalanan produknya hingga bisa mejeng di Le BHV Marais tidak terlepas dari keputusannya yang hijrah profesi.

Ia bercerita bermula saat dirinya memutuskan pulang ke tanah air setelah bekerja di Singapura selama delapan tahun. Dian kembali ke kota kelahirannya di Yogyakarta dan tertarik untuk mempelajari batik dari kedua orang tuanya yang merupakan perajin batik.

“Saya ingin membawa nuansa baru dengan motif yang lebih minimalis dan model yang lebih segar. Lalu saya belajar selama dua tahun dengan ibu saya,” katanya dalam keterangan tertulis Kamis (9/6/2022).

Baca juga:
Ratusan Produk UMKM RI Mejeng Sebulan di Prancis, Bisa Jadi Peluang Ekspor
Dian lalu memulai brand Shiroshima pada Agustus 2019 dengan konsep baju batik daily wear, yang dapat dipakai oleh siapa saja tanpa memandang usia. Dian menuturkan bahwa dirinya sangat merasa senang karena produknya bisa masuk ke pasar luar negeri.

Shiroshima menjadi salah satu produk yang dipamerkan di Le BHV Marais dari ratusan UMKM Indonesia dalam program Java in Paris.

Baca juga:
Mantap! Makanan dari Bandung Mejeng di Negeri K-Pop
Produk yang dipamerkan dalam acara ini bukan sembarang produk. Ratusan produk ini adalah produk pilihan setelah melewati proses kurasi tim di Paris.

“Senang banget pastinya, karena Shiroshima bisa lolos kurasi. Ini merupakan sebuah kebanggaan bagi saya. Sebelumnya saya belum merasa percaya diri untuk memperluas ke Eropa karena takut produk saya tidak cocok. Tapi dengan masuknya ke Paris, membuka mata saya jika produk UMKM Indonesia juga memiliki potensi di sini. Saya tentunya bisa makin memberdayakan pembatik dan mendukung perekonomian lokal,” jelasnya.

Selain mempromosikan produk UMKM Indonesia, acara ini juga turut memperkenalkan kebudayaan dan kesenian Indonesia melalui pagelaran acara budaya yang digelar di jantung Kota Paris.

Baca artikel detikfinance, “Perjuangan Dian Rintis Usaha Batik Hingga Tembus Pasar Prancis” selengkapnya https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-6118718/perjuangan-dian-rintis-usaha-batik-hingga-tembus-pasar-prancis.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

Releated Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *